Febriantoeko's Weblog

Teringat Semasa Kecil febriantoeko blog


Permainan Tadisional sangat lah populer dijaman dahulu sebelum teknologi masuk di Indonesia . Saat ini jaman sudah berubah di kala anak – anak kecil jaman sekarang tak lagi tau tentang sejarah permainan asli indonesia terutama permainan – permainan tradisional yg dulu semasa kecil aku di era tahun 1980 permainan semacam layang-layangan di lapangan, permainan enggrang, permainan dakon, permainan pak epong ( petak umpet dengan ada bola di tengah ) , petak umpet, bentik, dsb


Saat ini tak pernah di benak mata aku masih melihat anak – anak kecil memainkan permainan tersebut . Yang terlihat saat ini anak – anak kecil sibuk memainkan mainan dengan elektronik dan permainan tersebut memerlukan banyak biaya, kasian juga sih orang tua-nya untuk menyenangkan anak nya harus banyak keluar biaya untuk ajak ke tempat hiburan anak-anak seperti permainan mandi bola, permainan time zone, permainan, playstation dsb .

Di Era masa kecil aku kira – kira di tahun 1980 waktu itu permainan nya sungguh menyenangkan dan tak perlu banyak memakan biaya tapi sangat berkesan sekali sampai saat ini di usia aku yg menginjak 27 tahun aku masih selalu ingat kenangan bersama temen – temen bermain dengan mainan tradisional.


Saya Dilahirkan tahun 1980 Di kota solo berseri yg kata orang sih notabene orangnya ramah-ramah dan sopan. saya di lahirkan dari keluarga bahagia dan sangat harmonis, orang tua menyayangi saya dengan penuh kasih sayang . Semasa kecil saya masih ingat masa – masa lucu bermain dengan temen – temen di saat sehabis pulang sekolah .Saat kecil saya sangat suka sekali dengan bermain layangan, sepak bola, petak umpet, main egrang dari kayu, kadang – kadang sih saya main dengan kakak saya yg kebetulah kakak seorang cewek main dakon, bekelan, pasar-pasaran seakan jualan-jualan dan saya sebagai pembelinya . Aduh sangat menyenangkan di saat kecil bisa bermain sama kakak dan temen – temen saya.
Nah ada satu cerita lucu saat itu waktu saya main layangan, emng sih saya ngk sepintar temen-temen main layangannya biasanya sih biar layangannya bisa terbang saya bawa sambil berlari – lari sampai satu cerita yg lucu . Waktu itu saya lari-lari bawa layangan tapi lari nya ke belakang sampai saya masuk selokan,nah lucu nya saya jatuh dan pinsan sampai hampir satu jam sampai di cari ibu sampai binggung .ada cerita lucu juga waktu main petak umpet sama temen-temen di saat itu saya sembunyi di rumah tetanggga dan tak taunya tetangga itu punya anjing sangat galak sekali sampai saya di kejar dan saya naik pohon sambil tunggu anjing itu pergi , lama juga sih tunggu anjingnya pergi kira – kira dua jam aku diatas pohon dan ngk berani turun . ………… ha………… ha…………

Enak deh kalau menginggat kenangan kecil kita yg lucu-lucu meski di saat itu kita main dengan mainan tradisional beda dengan anak – anak sekarang mainannya serba elektronik kayanya sih ngk begitu berkesan kali. ya sekarang sih anak – anak kecil sukanya main playstasion ngk seperti jaman aku dulu main-main an yg ngk perlu modal duit untuk bisa seneng ama temen- temen . Tapi aku sadar deh jaman sudah berubah permainan anak- anak juga berubah.

Apalagi nyanyian anak kecil sekarang sih lebih sebenarnya untuk anak remaja , sungguh tradis sih kalau aku merasakan. anak sekarang lebih suka lagu – lagu percintaan seperti lagu nya peterpen, Raja dsb , Ngk ada lagi anak kecil sekarang yg pandai nyanyikan bintang kecil, gundul-gundul pacul , dsb . Apalagi lagu – lagu tradisional seperti mocopat / lagu jawa .

Mudah-mudahan yg baca blog aku ini juga ikut prihatin dengan globalisasi terhadap anak-anak kecil terhadap permainan dan lagu – lagu di saat ini . Dari rasa prihatin maka saya kepingin mengenang masa – masa dulu saya dan mengajak temen – temen untuk melestrikan budaya suka lagu-lagu tradisional dan permainan tradisional. Trima kasih atas semua yg baca blog saya ini .

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About author

Saya Warga asli kota solo suka dengan nguri - nguri budoyo jawi / suka dengan budaya jawa khusus nya budaya kota solo . Dari keinginan tersebut maka saya mencoba menulis blog ini semoga bermanfaat atas apa yang saya ketahui, apa bila ada kesalahan mohon maaf

Cari

Navigasi

Kategori:

Links:

Archives:

Feeds

%d blogger menyukai ini: