Febriantoeko's Weblog

BAYU80 PASAR TRADISIONAL, Indusrti & Home Industri febriantoeko blog

SELAMAT DATANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA SOLO

SENTRA EKONOMI PASAR TRADISIONAL
KOTA SOLO
Perkembangan kota solo tak luput dari sentra ekonomi kemasyarakatan seperti pasar – pasar tradisional yang sedikit banyak menyumbang pendapatan daerah lewat retribusi daerah yang dibebankan oleh para pedagang pasar . Salah satu sentra ekonomi pasar tradisional kota solo yang banyak diminati antara lain :
I. PASAR KLITIKAN

Mungkin sebagaian orang belum begitu tau akan pasar klitikan kota solo atau bahkan merasa asing istilah Pasar Klitikan Kota Solo . Istilah pasar klitikan menurut arti bahasa Jawa dapat didefinisikan menjadi dua kata Pasar artinya tempat transaksi jual b

eli, Sedangkan Klitikan menurut arti kata jawa terutama Wong Solo memiliki arti Barang-barang Second / barang setengah pakai .

Asal mula pasar klitikan ini entah kapan pasar klitikan ini berdiri saya sendiri kurang mengetahui,sebab sejak saya kecil di era tahun 1980 pasar klitikan ini udah ada, dahulu berada di daerah Pasar Legi akan tetapi atas prakasa pemerintah kota surakarta pasar klitikan sekarang dipindahkan di daerah notoharjo Semanggi . Dengan lebih ditata dan diberikan nya bangunan-bangunan permanen yang memadai daripada dahulu di daerah pasar legi banyak pedagang pedagang yang berjualan di tepi-tepi jalan raya di daerah pasar legi .

Dipasar klitikan ini anda dapat menemukan berbagai kebutuhan – kebutuhan barang second dengan harga yang murah dengan kualitas bagus . Dipasar klitikan ini banyak ditawarkan barang-barang second seperti :

1. Alat – Alat Olah Raga.

2. Alat Kesenian.

3. Elektronik

4. Asesoris Kendaraan Roda Dua

5. Asesoris Kendaraan Roda Empat.

6. Onderdil / Suku Cadang Kendaraan Roda Dua

7. Onderdil / Suku Cadang Kendaraan Roda Empat.

8. Jaket Kulit

9. dsb.

Sebagai tips membeli barang-barang dipasar klitikan saya sarankan untuk menawar dahulu setengah harga dari yang ditawarkan kalau emang barang yang kita inginkan belum diberikan / diperbolehkan tawar – terus sampai dapat yang kamu inginkan / kamu cari di pasar klitikan solo.

Kebutuhan yang banyak diminati oleh konsumen dipasar klitikan ini biasanya kebanyakan pada cari onderdil / suku cadang kendaraan bermotor selain itu kebanyakan yang suka modifikasi motor / mobil kebanyakan mencari Asesoris Mobil/ Motor sebab dari model nya ngak kalah dengan di toko.

II. PASAR TRIWINDU KOTA SOLO.

Menurut keterangan dari nenek saya yang asli dari kota solo dan dahulu nenek saya juga pernah berjualan dipasar triwindu pasar ini berdiri sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Pasar ini saat ini merupakan pasar tradisional yang banyak sekali dikunjungi oleh turis – turis bule dari manca negara baik dari Negara Inggis, Amerika, Belanda, Australia dsb. Masih ada juga sih pengunjungnya dari para kolektor barang – barang antic dari dalam negri . Sebab dari dahulu sampai sekarang di pasar ini yang di jual barang- barang antic seperti :

1. Mata Uang Kuno

2. Batik Asli Solo Kuno

3. Jam dinding Kuno.

4. Mebel – mebel kuno.

5. Asesoris dinding Kuno.

6. Alat – Alat Gamelan Kuno

7. Dsb yang berhubungan barang-barang kuno.

Mudah-Mudahan pasar ini sampai kapanpun masih dijaga keutuhan dan keasliannya sebab sedikit sekali di Indonesia yang memiliki pasar tradisional seperti di pasar triwindu yang terletak deket keraton mangkunegaran surakarta.

Pasar ini harus selalu di jaga dan dilestarikan agar besok generasi mendatang masih bisa merasakan akan kehebatan pasar triwindu dengan barang-barang kunonya.

III. PASAR KLEWER.

Pasar ini merupakan pasar yang menurut saya memberikan kontribusi besar untuk perkembangan ekonomi dari dahulu sampai sejak sekarang sebab pasar ini telah dikenal oleh masyarakat luas dari dalam dan luar negri . Menutut keterangan dari nenek saya juga yang asli orang solo pasar ini dibangun setelah dibangun nya pasar triwindu atau kira-kira setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi lebih dahulu pasar Triwindu dari pada pasar klewer.


Entah kenapa pasar ini yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi dari pada pasar triwindu . Mungkin dari jenis barang – barang yang di tawarkan dipasar klewer lebih bersifat untuk kebutuhan pakaian . Emang dipasar ini kebanyakan dijual bahan – bahan kain, batik, Busana Muslim, dsb. Atau lebih kebanyakan sebagai pasar kulakan dari daerah lain . Kulakan merupakan arti jawa yang arti dalam bahasa indonesia pasar pesanan barang kain .

IV. PASAR GEDE & PASAR LEGI

Jenis pasar tradisional yang ada dikota solo dan keberadaan nya juga di solo begitu lama juga, keberadaannya saya kurang mengetahui. Pasar legi dan pasar gede merupakan sentra ekonomi kebutuhan rumah tangga seperti beras, cabe, gula, sayur-sayuran, dsb . Pasar legi dan Pasar Gede merupakan sentra ekonomi atau barometer pasar tradisional kebutuhan rumah tangga di solo untuk pasar tradisional – tradisional lain nya dikota solo . Kalau kalian mau cari Beras dalam jumlah banyak datang aja di pasar legi.

Sentra ekonomi kemasrakatan pasar tradisional ini buka mulai jam 03.30 Pagi sampai Malam Satu tips bagi kalian bila kalian kepingin dapat kebutuhan kalian seperti sayur-sayuran yang masih segar datang aja pagi hari sebab barang dagangannya baru aja di pasok dari petani . Yang saya tau pemasok sayur – sayuran di pasar legi dan pasar gede kebanyakan dari petani di daerah Tawangmangu Karanganyar.

V. Pusat Belanja ( PGS ) Beteng

Jenis pasar ini hampir sama dengan pasar klewer akan tetapi keberadaan nya memang belum begitu lama . Jenis barang dagangan yang di tawarkan hampir sama dipasar klewer. Jenis Pasar ini merupakan Pasar tradisional moderen.

Sentra ekonomi kemasyarakatan pasar tradisional ternyata masih memiliki potensi besar dimasyarakat dan masih mendapatkan tempat dihati masyarakat kota solo disamping banyak mulai bermunculan Mini Market ( Indomart, AlfaMart dsb ), Mall ( Solo Grand Mall / SGM, Solo Squer , Matahari Singosaren, Luwes, Ratu Luwes, Goro Asalam, Alfa Solo baru / Alfa pabelan, bahkan saat ini kota solo baru mau dibangun Sun Mall Di daerah sekitar Manahan , dibangun sebuah Mall lagi.


Mudah-mudahan pasar tradisional seperti pasar klewer, pasar klitikan, pasar legi dan pasar gede , masih mendapatkan hati dimasyarakat ditengah perkembangan jaman atas persaingan dengan jenis pasar – pasar Moderen seperi Mall, Minimarket, Pusat Grosir.

INDUSTRI DAN HOME INDUSTRI KOTA SOLO

Kota solo juga merupakan sektor industri yang sangat potensial untuk dikembangkan, banyak lahan – lahan tanah kosong yang sangat potensial untuk di jadikan lahan industri serta lahan tersebut memiliki akses jalan raya, ambil contoh aja di daerah sekitar Reng Road dekat daerah mojosongo, harga permeter lahan juga masih murah bekeisar antara kurang lebih 100.00 permeter meskipun daerah tersebut memiliki akses jalan raya Reng road jalan Solo menuju Sragen .

Setelah jalan Ring Road bertepatan dengan Jalan Raya Solo – Sragen sudah banyak dibangun sektor industri perusahaan seperti ada perusahaan Jamu Air Mancur, Po. Rosalia, dsb masih banyak nama perusahaan – perusahan besar di sekitar Jl. Solo – Sragen. Di daerah Jl. Raya Solo – Karanganyar pun masih banyak lahan – lahan kosong di tepi jalan raya yang notabene mimiliki akses jalan raya. sebenarnya kota solo masih banyak daerah lahan kosong di daerah pinggiran kota solo . Bila mana pembaca blogger ini berminat dan tertarik mengembangkan usaha dan mencari lahan usah berupa tanah / tanah dan bangunan di daerah Karisidenan Surakarta saya juga bisa bantu dengan contact person : BAYU ( 0271 ) 7564423.

Disamping itu dengan semakin banyak perusahan industri di kota karisiden surakarta akan semakin membantu dalam pengurangan penganguran bahkan akan memberikan kesempatan kerja dengan lowongan pekerjaan perusahaan di karisidenan Surakarta ini .

Sedikit mengulas sektor industri, Home industri, yang berada di kota karisidenan surakarta antara lain :

1. Industri kerajinan Rotan untuk espor – impor sebagai kerajinan mebel rotan terletak di daerah Trangsang, Gawok , Sukohaharjo.

2. Industri Kerajinan Mebel meja, almari, kursi atau mebeler di daerah Jl. Raya Solo _ Purwodadi tepatnya didaerah kalioso / deket obyek wisata sangiran .
3. Industri kerajianan Handuk industri semacam ini banyak di daerah Cokrotulung , Klaten.
4. Industri Jamu daerah penghasilnya kebanyaknya didaerah wonogiri.
5. Industri Abon untuk makanan daerah nya kebanyakan kita jumpai di daerah Andong, Ampel Boyolali.
6. Industri kerajinan tembaga, perak dapat kita dapatkan di daerah Cepogo , Boyolali.
7. Industri Susu Sapi Segar di daerah Boyolali .
8. Dsb.
Kalau kalian kepingin tau informasi tempat industri maupun home industri Karisidinen Surakarta / Kota solo tulis aja pesan di Shoutbox di sebelah kanan blog ini saya akan usahakan carikan informasi kawasan industri dan home industri di karisidenan surakarta , saya akan bantu semaksimal atas pertanyaan kamu.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About author

Saya Warga asli kota solo suka dengan nguri - nguri budoyo jawi / suka dengan budaya jawa khusus nya budaya kota solo . Dari keinginan tersebut maka saya mencoba menulis blog ini semoga bermanfaat atas apa yang saya ketahui, apa bila ada kesalahan mohon maaf

Cari

Navigasi

Kategori:

Tautan:

Arsip:

Feeds

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: